Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cemas Pengaruh Iran Menguat, Saudi Desak Operasi Darat di Irak

Kompas.com - 05/03/2015, 21:49 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Saud al-Faisal, Kamis (5/3/2015), mendesak koalisi internasional pimpinan AS untuk menggelar operasi darat untuk memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Kerajaan Saudi yang menjadi bagian dari koalisi menegaskan perlunya menyediakan peralatan militer untuk menghadapi tantangan ini di daratan," kata Pangeran Faisal dalam jumpa pers bersama Menlu AS John Kerry.

Presiden AS Barack Obama, yang berusaha keras untuk menghindari perang darat, mendukung digelarnya kampanye serangan udara namun sejauh ini menolak mengirim pasukan daratnya.

Sementara itu, Pangeran Faisal, yang memperingatkan semakin besarnya pengaruh Iran di Irak, menuding Iran tengah berusaha "mengambil alih" Irak lewat berbagai bantuannya dalam kampanye militer melawan ISIS.

"Tikrit adalah contoh utama tentang apa yang kami khawatirkan. Iran sedang mengambil alih negeri itu (Irak)," tambah Pangeran Faisal.

Sebelumnya, seorang perwira senior AS Jenderal Martin Dempsey mengatakan keterlibatan Iran dalam operasi militer Irak merebut Tikrit bisa menjadi "hal positif" selama tidak memicu masalah sektarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com