Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Chad Bertekad Sapu Bersih Boko Haram

Kompas.com - 05/03/2015, 19:43 WIB
N'DJAMENA, KOMPAS.com - Presiden Chad Idriss Deby, Rabu (4/3/2015), bersumpah untuk menyapu habis Boko Haram dan menyerukan  pemimpin kelompok itu Abubakar Shekau untuk meletakkan senjata karena pasukan Chad sudah mengetahui lokasi persembunyiannya.

"Abubakar Shekau kami minta menyerah, kami sudah mengetahui tempat persembunyiannya. Jika dia menolak menyerah, dia akan mendapatkan nasib yang sama seperti rekan-rekannya," kata Presiden Deby dalam jumpa pers bersama Presiden Niger yang tengah melakukan kunjungan kerja.

Deby mengatakan Shekau sudah meninggalkan kawasan strategis kota Dikwa di timur laut Nigeria setelah pasukan Boko Haram diusir keluar dari kota itu oleh pasukan Chad setelah baku tembak sengit akhir bulan lalu.

Saat itu, angkatan darat Chad mengatakan dua prajuritnya dan 117 pejuang Boko Haram tewas dalam pertempuran di sekitar kota Dikwa di negara bagian Borno pada 17 Februari.

"Kami akan memenangkan perang ini dan kami akan sapu bersih Boko Haram, berbeda dengan apa yang dipikirkan media tertentu. Pasukan Chad dan Niger akan meneruskan misi untuk memberantas kelompok ini," tambah Deby.

Sejauh ini informasi tentang Abubakar Shekau, yang sudah dimasukkan ke dalam daftar teroris oleh AS, masih sangat minim.

Berdasarkan informasi aparat keamanan Nigeria, Shekau adalah anak seorang petani miskin yang menjadi radikal setelah mempelajari agama dan mengambil alih tampuk pimpinan Boko Haram pada 2010.

Bulan lalu Nigeria dibantu para tetangganya seperti Chad, Kamerun dan Niger menyatakan perang terhadap Boko Haram, setelah kelompok itu mulai melebarkan aksinya ke negara-negara tetangga Nigeria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com