Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Belgia Temukan Kokain Bernilai Rp 633 Miliar Mengapung di Laut

Kompas.com - 05/03/2015, 19:04 WIB
BRUSSELS, KOMPAS.com — Polisi Perairan Belgia menemukan paket kokain dengan nilai mencapai 32 juta poundsterling atau sekitar Rp 633 miliar yang mengapung di lepas pantai negeri itu.

Polisi menarik 16 kontainer yang dijatuhkan ke laut oleh sebuah kapal penyelundup awal pekan ini. Harian Het Nieuwsblad mengabarkan, ke-16 kontainer kokain itu ditemukan di Laut Utara, 15 menit dari kota Ostend.

Menjatuhkan kontainer berisi kokain ke laut, lalu menuju ke pelabuhan untuk kemudian kembali lagi ke laut untuk mengambil lagi kontainer itu merupakan cara yang kerap digunakan para penyelundup untuk menghindari pemeriksaan polisi.

Cara ini digunakan karena tak memerlukan dua kapal atau lebih yang bertemu di laut sehingga semakin sulit dideteksi aparat keamanan.

"Semakin banyak penyelundup narkotika menggunakan cara ini dan fenomena ini semakin meningkat," kata seorang hakim Belgia, Ken Witpas.

Mantan petugas bea cukai Perancis Marc Fievet adalah seorang mantan agen bea cukai Perancis yang sangat memahami metode penyelundupan semacam ini.

"Cara ini biasa pertama kali digunakan para penyelundup narkotika asal Inggris. Mereka bahkan terkadang meninggalkan seseorang di tengah laut dengan pakaian khusus dan lampu suar untuk mengumpulkan barang-barang itu," ujar Fievet.

"Sekarang mereka mungkin menggunakan lampu suar yang sama seperti yang digunakan nelayan untuk mencari perangkap lobster mereka," tambah Fievet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com