Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Telepon Dubes AS yang Terluka dalam Sebuah Serangan di Korsel

Kompas.com - 05/03/2015, 08:42 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Rabu (4/3/2015) waktu setempat atau Kamis waktu Indonesia, menelepon bekas penasihatnya yang kini menjadi Duta Besar AS di Korea Selatan untuk menyampaikan harapan agar dia baik-baik saja setelah sebuah serangan berdarah dengan mengunakan pisau di Seoul. Serangan tersebut telah dikecam keras Washington.

Bernadette Meehan, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, mengatakan, Obama menelepon Mark Lippert untuk menyampaikan kepadanya bahwa Presiden mendoakan dia dan istrinya, Robyn, dan mengharapkan dia lekas sembuh.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Lippert diserang pada Kamis pagi di Seoul saat memberikan sebuah sambutan. Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Marie Harf, mengatakan, "Kami sangat mengecam tindak kekerasan ini."

Lippert lama menjadi penasihat Obama. Dia melayani Obama di Senat AS, dalam pemilu yang sukses tahun 2008, menjadi tim transisi presiden dan di Gedung Putih sebagai Kepala Staf Dewan Keamanan Nasional.

Lippert merupakan seorang mantan perwira intelijen untuk operasi khusus Angkatan Laut. Dia pernah mendapat Bronze Star Medal setelah penempatannya di Irak. Dia menjadi duta besar tahun lalu setelah bertugas di Pentagon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com