Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Buronan FBI Ditangkap di Somalia

Kompas.com - 03/03/2015, 18:16 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang mantan pengemudi taksi di Washington DC, AS yang kemudian menjadi salah satu buronan yang paling dicari FBI telah ditangkap dan kini ditahan di Somalia.

Pada Januari lalu, FBI memasukkan nama warga AS kelahiran Somalia Liban Haji Mohammed (29) ke dalam daftar buronan setelah pria ini dituding menyediakan bantuan bagi kelompok militan Al-Shabaab.

Sejumlah sumber di AS mengatakan Mohamed ditangkap beberapa hari lalu oleh aparat keamanan Somalia. Sejauh ini belum diperoleh kepastian kapan pria yang kini ditahan di Somalia itu akan dikirim kembali ke AS.

Dulu, Mohamed tinggal di kawasan pinggiran sebelah utara Virginia dekat dengan ibu kota Washington DC. Di Amerika, Mohamed bekerja sebagai pengemudi taksi sebelum meninggalkan AS pada 2012.

FBI, yang kemudian mengumumkan Mohamed telah masuk ke dalam daftar buron, menyebut pria ini sebagai rekan paling dekat Zachary Chesser, seorang pria Virginia lain yang kini menjalani hukuman penjara 25 tahun.

Chesser dipenjara setelah ditangkap karena mencoba bergabung dengan Al-Shabaab dan mengancam pencipta kartun South Park yang dalam salah satu episodenya dianggap Chesser menghina Nabi Muhammad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com