Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2015, 16:14 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Daisy, seekor kera kesepian berumur 50 tahun, akhirnya menjalani kencan pertama setelah ditinggal mati pasangannya.

Ketika pasangan Daisy mati, pemilik Daisy meminta tempat pelestarian kera Wild Futures di Looe, Cornwall, Inggris, untuk membawa kera itu dan memperkenalkannya kepada sejumlah teman baru.

Para penjaga konservasi kera sangat bersemangat ketika mereka melihat Daisy dan teman kencannya, Pepe, "bersatu".

Daisy pertama kali diselamatkan dari sebuah toko hewan peliharaan pada tahun 1980 dan ditemukan sejumlah luka bakar rokok serta jari-jari yang patah.

"Dia memiliki pendamping, tetapi sayang dia meninggal dan untungnya sang pemilik menyadari bahwa dia tidak bisa hidup sendiri," kata Claire Turnbull dari Wild Futures.

Daisy menghabiskan enam pekan di karantina tempat pelestarian itu sebelum ia diperkenalkan kepada Pepe, yang digambarkan sebagai "seekor kera jantan yang sangat ramah".

"Mereka mempunyai ikatan, bersatu, melindungi satu sama lain dan mereka menghindari kamera dan para penjaga," ujar Turnbull.

Pihak konservasi mengatakan, mereka adalah kera jenis kapusin, spesies sosial yang cerdas dan hidup di hutan hujan Amerika Selatan dan Tengah. Semua penjaga konservasi siap memberikan pelayanan 24 jam untuk hewan-hewan tersebut.

"Hal yang benar-benar menyenangkan adalah melihat bagaimana mereka bersama dan membina pertemanan," tambah Turnbull.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com