Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Uruguay Datang di Acara Pelantikan dengan Mobil Tua

Kompas.com - 03/03/2015, 08:45 WIB
KOMPAS.com - Presiden baru Uruguay, Tabare Vazquez, mengikuti jejak pendahulunya dengan memakai mobil lama, Fordson buatan 1951, ketika menghadiri acara pelantikannya, Minggu (1/3/2015).

Dengan mobil itu pula ia diarak keliling kota Montevideo.

Belum diketahui bagaimana Vazquez mendapatkan mobil tua ini. Beberapa media memberitakan bahwa mobil ini pernah ia miliki saat muda dulu, ketika masih menekuni pekerjaan sebagai dokter muda.

Beberapa kawannya mencari dan menemukan kendaraan itu, yang kemudian diberikan kepadanya di hari pelantikan sebagai hadiah.

Laporan lain menyebutkan Vazquez membeli mobil ini beberapa tahun lalu.

Presiden lama, Jose Mujica, hadir di acara pelantikan Vazquez dengan mobil 'kesayangannya': VW Beetle warna biru muda buatan tahun 1987.

Mujica, seorang bekas pemberontak, mendapat julukan presiden 'termiskin di dunia' karena gaya hidupnya yang sangat sederhana.

Selain sering menggunakan mobil tua, Mujica juga lebih memilih tinggal di rumah pertanian di pinggiran Montevideo ketimbang di istana kepresidenan.

Berita bahwa ia sering ke mana-mana dengan mobil tua membuat seorang syeikh Arab menawar mobil tersebut seharga 1 juta dollar AS.

Tawaran itu 'ia tolak' dengan alasan mobil tersebut ia perlukan untuk mengangkut anjingnya, Manuela, yang hanya punya tiga kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com