Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tegaskan Tekad Cegah Ambisi Nuklir Iran

Kompas.com - 02/03/2015, 22:48 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat menegaskan komitmennya kepada Israel, Senin (2/3/2015) dan kembali mengatakan akan mengambil langkah apapun untuk menggagalkan Iran memproduksi bom nuklir.

Di saat para negosiator internasional mencari kesepakatan dengan Iran untuk menghentikan program nuklirnya, Dubes AS untuk PBB Samantha Powers menegaskan Presiden Barack Obama kembali menegaskan komitmennya untuk mencegah Iran mengembangkan persenjataan nuklir.

"Dia (Obama) tetap menjaga komitmen meskipun negosiasi gagal atau menghasilkan solusi diplomatik yang sesuai dengan syarat mendasar yang kami ajukan," kata Power di hadapan 16.000 hadirin dalam acara lobi pro-Israel AIPAC sebelum pidato PM Israel Benyamin Netanyahu.

"Ada pembicaraan atau tidak. Ada kesepakatan atau tidak. AS akan mengambil langkah yang diperlukan untuk menjaga keamanan nasional kami dan sekutu terdekat kami," ujar Power.

"Jika diplomasi gagal, kita semua tahu ancaman yang harus dihadapi jika Iran memiliki senjata nuklir. Kami tak akan membiarkan itu terjadi," tambah Power.

Power juga menegaskan bahwa pemerintah AS juga menentang serangan terhadap legitimasi Israel lewat langkah-langkah di PBB.

"Sangat tak adil bahwa PBB, sebuah institusi yang didirikan berdasarkan ide bahwa semua negara harus diperlakukan sama, seringkali digunakan sejumlah negara anggotanya untuk memperlakukan Israel secara tidak adil," kata Power.

"Serangan terhadap legitimasi Israel sangat bias dan buruk. Amerika Serikat tak akan tinggal diam hingga mereka berhenti (menyerang Israel)," tambah Power yang disambut tepuk tangan hadirin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com