Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terowongan Narkoba Terpanjang Ditemukan di Arizona

Kompas.com - 02/03/2015, 20:33 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Agen-agen federal AS menemukan terowongan bawah tanah terpanjang yang digunakan untuk menyelundupkan narkotika di negara bagian Arizona.

Agen-agen Badan Imigrasi dan Pabean (HSI) Departemen Keamanan Dalam Negeri AS menemukan terowongan dengan panjang 275 meter yang menjalar di bawah kota kecil Naco, Arizona. Demikian dikabarkan Latin Fox News.

Terowongan yang ditopang balok-balok kayu itu memiliki penerangan dan lift hidrolik. Terowongan itu juga cukup tinggi sehingga memungkinan seorang pria dewasa berdiri di dalamnya.

Pemerintah AS kemudian memberitahu penemuan terowongan itu kepada aparat keamanan Meksiko yang kemudian melakukan pencarian terowongan serupa di wilayahnya.

Agen HSI Arizona Matthew Allen mengatakan penemuan terowongan itu merupakan pukulan telak bagi kartel obat bius Meksiko yang beroperasi di perbatasan kedua negara.

"Dengan penemuan ini kami memberikan pukulan telak bagi kartel obat bius Meksiko dan membuktikan menyelundupkan obat terlarang di bawah tanah tetap tak bisa menghindari hukum," ujar Allen.

Penemuan ini didahului penyitaan 2,1 ton mariyuana seharga 3 juta dolar AS di kota Bisbee, saat polisi menghentikan sebuah mobil boks pengangkut barang haram itu.

Agen-agen HSI sebelumnya menerima informasi soal kemungkinan penyelundupan mariyuana di kawasan Bisbee. HSI kemudian mengabarkan informasi itu kepada kepolisian setempat yang kemudian melakukan pemeriksaan kendaraan.

Tim anjing pelacak dari Patroli Perbatasan Sektor Tucson kemudian menemukan mariyuana itu diletakkan di bakian belakang mobil boks tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com