Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Banglades Tangkap Pembunuh Bloger AS

Kompas.com - 02/03/2015, 17:27 WIB
DHAKA, KOMPAS.com — Pemerintah Banglades, Senin (2/3/2015), mengumumkan telah menangkap seorang pria berhaluan radikal yang disangka sebagai pelaku pembunuhan seorang bloger asal Amerika Serikat di Dhaka pekan lalu.

Juru bicara pasukan elite Batalion Aksi Cepat (RAB) mengatakan, tersangka bernama Farabi Shafiur Rahman ditangkap di sebuah terminal bus di ibu kota Dhaka terkait pembunuhan Avijit Roy, bloger AS berdarah Banglades itu.

"Dia adalah tersangka utama. Dia adalah bloger fundamentalis. Berdasarkan sejumlah informasi, Farabi sudah mengancam Avijit lewat Twitter dan Facebook," kata Rahman.

"Keluarga Avijit mengatakan kepada kami bahwa Avijit telah beberapa kali menerima ancaman dari Farabi," tambah Rahman.

RAB memamerkan Farabi di hadapan jurnalis di markas mereka sambil menyebut pria itu adalah anggota kelompok Hizbut Tahrir yang terlarang di Banglades.

Avijit, yang terkenal lewat tulisan-tulisan di blog-nya dan beberapa buku karyanya termasuk buku laris The Virus of Faith, dibacok hingga tewas di pusat kota Dhaka, Kamis pekan lalu.

Avijit Roy adalah pendiri blog Mukto-Mona (Pikiran Bebas). Dia lahir di Banglades dari keluarga cendekiawan, tetapi pindah ke Atlanta, AS, 15 tahun lalu.

Dia dan istrinya, yang juga seorang bloger, pulang ke Banglades untuk menghadiri sebuah pameran buku ketika keduanya diserang dua penyerang dengan menggunakan golok saat sedang menumpang becak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com