Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Meledak di Kota Tujuan Wisata Mesir, Dua Orang Tewas

Kompas.com - 02/03/2015, 04:16 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Sebuah ledakan bom menewaskan dua orang di kota Aswan, kota tujuan wisata di Mesir, Minggu (1/3/2015). Menurut kepolisian, serangan ini merupakan pertama kali terjadi di kota tujuan wisata Mesir sejak gelombang kekerasan setelah penggulingan presiden Mohamed Morsi pada 2013 silam.

Dikutiip dari AFP, Senin (2/3/2015), ledakan, yang disebabkan oleh bom rakitan yang ditanam di dekat sebuah kantor polisi itu juga melukai lima orang. Seorang polisi ikut menjadi korban luka dalam peristiwa tersebut.

Aswan adalah salah satu dari dua kota wisata utama di Mesir, selain kota Luxor.

Mesir telah dilanda gelombang serangan bom dan penembakan sejak militer menggulingkan Morsi pada Juli 2013.

Sebagian besar kekerasan telah menargetkan semenanjung Sinai, lokasi ditempatkannya tentara dan kendaraan baja untuk melawan pemberontakan yang diduga dilakukan pengikut Morsi. Namun, serangan juga melanda ibu kota Kairo dan kawasan utara Mesir.

Sebagian besar serangan dipelopori oleh kelompok Ansar Beit al-Maqdis, yang disebut terkait kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Serangan itu disebut sebagai pembalasan atas tindakan brutal pemerintah Mesir yang dipimpin Abdel Fattah al-Sisi terhadap para pendukung Morsi yang telah menewaskan ratusan orang dan menjebloskan ribuan orang ke penjara. Sebagian besar pendukung Morsi berasal dari kelompok Ikhwanul Muslimin.

Militer mengatakan bahwa setidaknya 172 militan tewas pada bulan Februari, dalan operasi bersama yang dilakukan polisi dan tentara di Sinai.

Tapi hingga saat ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan bom di Aswan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com