Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jihadi John Mengaku Mirip 'Mayat Berjalan' ketika Dikontak M15

Kompas.com - 01/03/2015, 15:05 WIB
KOMPAS.com - Seorang pria yang mengaku sebagai ekstremis "Jihadi John" mengatakan dirinya seperti "mayat berjalan" saat melakukan kontak dengan Dinas Rahasia Inggris, M15.

Mohammed Emwazi, warga negara Inggris kelahiran Kuwait asal London Barat, mengklaim telah melakukan kontak email dengan wartawan Surat kabar Mail on Sunday pada 2010 lalu.

Emwazi mengatakan dirinya diyakini telah tewas dalam aksi bunuh diri sehingga dia "dijauhi" M15.

Dalam beberapa bulan terakhir, pria berusia 27 tahun ini terlihat melakukan aksi pemenggalan kepala sejumlah pria Barat dalam video yang dibuat oleh kelompok militan Negara Islam atau ISIS. Menurut surat kabar Mail on Sunday, Emwazi melakukan kontak email dengan editor keamanan Robert Verkaik pada 2010 dan 2011.

Dalam emailnya di bulan Desember 2010, Emwazi mengkalim bahwa dia bertemu seorang agen Dinas rahasia Inggris yang menyamar sebagai calon pembeli mesin ketik jinjing.

Emwazi mengaku ketakutan setelah calon pembeli itu menyalaminya dan memanggil nama depannya, padahal dia tidak pernah mengungkap nama depannya kepada siapapun. Dia menulis, "Saya merasa terkejut dan berhenti bernafas sekian detik setelah dia pergi .... Saya tahu siapa mereka!"

Dia kemudian menambahkan, "Terkadang saya seperti mayat berjalan."

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dia tidak takut dibunuh oleh MI5, tetapi dia ingin melanjutkan hidupnya. Jadi, "saya akan tidur selamanya", tulis laporan media tersebut.

Emwazi melanjutkan, "Saya hanya ingin menjauh dari orang-orang itu!"

Sebelumnya Dinas rahasia Inggris, M15 dikritik dalam beberapa hari terakhir karena dianggap tidak mampu menghentikan kepergian Emwazi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com