Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Bangun Desa Shaolin

Kompas.com - 01/03/2015, 11:30 WIB
KOMPAS.com — Kuil China yang dalam sejarah terkenal dengan tradisi silatnya, kini naik reputasinya karena adanya sebuah rencana pembangunan kompleks komersial senilai 297 juta dollar di Australia, termasuk sebuah kuil, hotel, sekolah kungfu, dan lapangan golf.

Dewan kota Shoalhaven di Negara Bagian New South Wales mengatakan awal bulan ini bahwa pembangunnya, Yayasan Shaolin Temple Australia, telah menyelesaikan pembelian lahan di Comberton Grange untuk tempat yang nanti dikenal sebagai Desa Shaolin atau Shaolin Village.

Wali Kota Joanna Gash mengatakan, Sabtu (28/2/2015), Dewan Kota dan pemerintah negara bagian telah menyetujui konsep rancangan proyek itu, termasuk altar kuil dengan biara untuk tinggal para biksu, siswa akademi kungfu, sebuah hotel berbintang empat dengan 500 tempat tidur, lapangan golf 27 lubang, dan rumah tinggal.

Kuil yang dibangun pada abad kelima itu dengan cepat dikomersialkan oleh Abbot Shi Yongxin pada satu dasawarsa terakhir, tetapi Shi membela bahwa hal itu untuk melestarikan kuil dan budaya Buddha.

Shi mengunjungi Shoalhaven secara pribadi awal bulan ini untuk memberikan dana lebih dari 3 juta dollar guna menyelesaikan pembebasan lahan, dan sikapnya itu sebagai komitmennya pada proyek itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com