Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giat Promosikan Pandangan Sekuler, Bloger Banglades Tewas Dibunuh

Kompas.com - 27/02/2015, 18:53 WIB

DHAKA, KOMPAS.com - Seorang penulis blog Banglades yang tinggal di Amerika Serikat dibacok hingga tewas saat berkunjung ke Dhaka. Avijit Roy datang ke ibu kota Banglades itu bersama istrinya untuk mengunjungi sebuah festival buku.

Selama ini dia sudah menerima sejumlah ancaman pembunuhan karena tulisan-tulisannya yang mempromosikan pandangan-pandangan sekuler sehingga dikritik sebagai anti-Islam.

Polisi mengatakan sedang melakukan penyelidikan atas pembunuhan tersebut namun belum ada yang ditangkap.

Wartawan BBC, Naresh Kaushik, melaporkan jenazah Avijit Roy ditemukan Kamis (26/2/2015) malam sementara istrinya masih berada dalam kondisi kritis akibat serangan itu.

Media setempat menyebutkan keduanya sedang naik sebuah becak dalam perjalanan pulang dari festival buku ketika diserang sekelompok orang dengan menggunakan parang.

Avijit Roy merupakan pendiri blog Mukto-Mona yang artinya "Pikiran Bebas" dengan tulisan-tulisan yang mempromosikan pandangan sekuler di Banglades yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Insiden serupa terjadi pada 2013 lalu atas seorang penulis blog lain, Rajib Haider, yang dibunuh di dekat rumahnya di Dhaka terkait pandangannya yang menentang ekstrimisme agama.

Setahun kemudian, seorang dosen dan penulis terkenal di Universitas Dhaka, menderita luka berat karena diserang saat pulang dari festival buku yang sama yang dihadiri Avijit Roy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com