Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Bugil Menggendong Bayi Berkeliaran di Sebuah Museum di Jerman

Kompas.com - 26/02/2015, 16:08 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Pengunjung Museum Seni dan Budaya LWL di kota Muenster, Jerman, terkejut ketika melihat seorang perempuan bugil berkeliaran di dalam museum tersebut sambil menggendong seorang bayi.

Tanpa terlihat canggung, perempuan muda itu berjalan berkeliling melihat-lihat koleksi museum tanpa mengindahkan tatapan penuh tanya para pengunjung, yang sebagian dari mereka adalah anak-anak.

Ternyata perempuan itu adalah seniman kontroversial asal Swiss, Milo Moire (32). Aksi bugilnya itu adalah bagian dari ekshibisi "Naked Life". Lalu bagaimana tanggapan para pengunjung museum?

"Saya sangat terbuka akan berbagai jenis ekspresi dan alternatif dalam seni, tetapi ini (aksi bugil Moire) tak masuk akal," kata Anke Lange (30), seorang pencinta seni.

"Menurut saya, dia (Moire) menyangka dengan melepas pakaian, memandang lukisan telanjang sambil menggendong bayi membuat dia menjadi bagian dari seni," lanjut Lange.

Namun, tak sedikit yang menyukai aksi Moire di Museum Muenster itu. Salah satunya adalah Tobias Meyer (45). "Harus saya akui, aksi dia jauh lebih menarik ketimbang keseluruhan pameran seni ini," ujar Meyer sambil tertawa.

Lalu apa sebenarnya yang ingin disampaikan Moire dalam aksi kontroversialnya itu? Dia mengatakan ingin memperlihatkan "seorang bayi yang merasa aman dalam pelukan seorang perempuan telanjang".

Aksi ini dilakukan Moire dalam sebuah ekshibisi lukisan yang menampilkan karya para seniman Inggris, seperti Francis Bacon, Lucian Freud, dan David Hockney.

"Konfrontasi langsung dengan seni telanjang seperti ini menantang orang lain untuk merefleksikan bentuk paling familiar dari sebuah persepsi," ujar Moire.

"Seberapa dekat bentuk representasi sebuah seni bisa mendekati kehidupan nyata?" tambah seniman asal Swiss itu.

Bukan kali ini saja Moire melakukan aksi kontroversial. Pada Juni 2014, dia melakukan aksi yang dia beri judul The Script System No.2.

Saat itu, Moire yang tanpa mengenakan busana selain tulisan nama-nama pakaian yang ditulis di sekujur tubuhnya pergi menuju ajang Art Basel di Swiss.

Sepanjang jalan menuju pameran seni itu Moire menarik perhatian warga. Namun, ketika tiba di lokasi pameran, dia dilarang masuk dan terpaksa mengenakan pakaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com