Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Cinta Tak Direstui, Gadis China Dikurung 6 Tahun di Gubuk Kumuh

Kompas.com - 25/02/2015, 20:08 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Gara-gara kedua orangtua tak setuju dengan kekasih pilihannya, seorang gadis dikurung di sebuah rumah tua yang kotor di sebuah desa di China selama enam tahun.

Zhang Qi (24) terpaksa hidup di dalam sebuah bangunan tua dan kumuh setelah kedua orangtuanya memaksa dia meninggalkan kekasihnya pada 2009 lalu karena tak setuju dengan pilihan perempuan itu.

Meski hubungan cintanya ditentang, Zhang beberapa kali berusaha kabur bersama kekasihnya sebelum akhirnya kedua orangtua gadis itu menyebarkan isu bahwa Zhang menderita kelainan jiwa.

Akhirnya Zhang dikurung di sebuah gubuk terpencil di desa Jingang, provinsi Hubei, wilayah tengah China.

"Orangtua Zhang adalah orang yang berkuasa dan tak seorangpun diperbolehkan ikut campur. Semua orang tahu mereka mengurung Zhang di sebuah gubuk," kata Chow Jen, seorang penduduk desa.

"Saya pindah dari desa itu dan hanya sesekali pulang sehingga saya tak peduli dengan ancaman mereka. Itulah sebabnya saya bisa mengunggah foto-foto ini ke internet setelah pemerintah lokal menolak berbuat sesuatu," tambah Jen.

Sejauh ini belum diperoleh komentar resmi aparat kepolisian atau nasib Zhang Qi setelah foto-fotonya yang mengenaskan diunggah ke dunia maya. Namun, banyak salinan foto-foto menyedihkan itu dihilangkan dari internet oleh lembaga sensor China tanpa menyebutkan alasannya.

"Setiap kali saya pulang kampung saat tahun baru, saya selalu mengunjungi Zhang secara diam-diam," kata Chow Jen.

"Dalam kunjungan terakhir, saya melihat dia tergeletak di atas tumpukan jerami dengan beberapa lembar selimut dan makanan di dekatnya," lanjut Jen.

"Tak peduli dia sakit jiwa atau tidak, gadis itu diperlakukan seperti binatang dan saya muak dengan kondisi itu. Saya lalu menghubungi polisi dan mengunggah foto-foto ini ke internet," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com