Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Perekrutan Angkatan Laut Gunakan Bahasa Inggris, Warga Italia Geram

Kompas.com - 24/02/2015, 16:31 WIB
ROMA, KOMPAS.com — Warga Italia geram setelah angkatan laut negeri itu memublikasikan ajakan untuk bergabung dengan kemiliteran menggunakan bahasa Inggris.

Iklan perekrutan yang disebar di seluruh wilayah negeri itu menggunakan frasa "Be cool and join the navy" atau jika diterjemahkan secara bebas berarti "Bergabunglah dengan angkatan laut maka kau jadi keren".

Kalimat ini digunakan untuk mendorong para pemuda Negeri Piza bergabung dengan Marina Militare atau angkatan laut Italia. Kementerian Pertahanan Italia menjelaskan, penggunaan bahasa Inggris dipilih karena dianggap bisa diterima generasi muda yang tumbuh dengan cara komunikasi lewat internet.

Namun, para politisi sayap kanan dan sejumlah pengamat mengatakan, kampanye perekrutan personel militer baru itu telah "melukai patriotisme" serta memicu "kemarahan dan rasa muak".

Para pengkritik tak hanya mempermasalahkan pengunaan bahasa Inggris di poster-poster perekrutan, tetapi juga mempermasalahkan pemilihan kata "Navy" untuk menggantikan "Marina Militare".

Fabio Rampelli, seorang anggota parlemen dari Partai Fratelli d'Italia yang berhaluan kanan, mengatakan, slogan yang dipilih tak bisa diterima dan Menteri Pertahanan Roberta Pinotti harus dinonaktifkan karena telah melukai patriotisme Italia.

Protes juga datang dari Basilio Cotanoso, anggota parlemen dari Partai Forza Italia pimpinan Silvio Berlusconi. Cotanoso mengatakan, poster perekrutan itu memicu kemarahan, kegeraman, rasa muak, dan kesedihan.

Kampanye perekrutan itu menggunakan sejumlah foto yang memperlihatkan seorang anggota komando Italia tengah bekerja. Ditampilkan juga foto-foto kapal perang Italia yang tengah berlayar di lautan.

Warga Italia juga tak ketinggalan mengkritik poster perekrutan ini. Mereka menggunakan akun Facebook angkatan laut untuk menyampaikan pendapat dan kritik.

"Apakah kita sekarang koloni Amerika?" kata seorang warga yang menuliskan pendapatnya di akun Facebook AL Italia.

"Bagaimana Anda bisa mengklaim bangga terhadap negara ini jika Anda tidak menggunakan bahasa nasional sendiri?" tanya pengguna Facebook lainnya.

Untuk menanggapi banjir kritik itu, Menteri Pertahanan Roberta Pinoti mengatakan, bahasa Inggris digunakan karena kampanye ini juga menyasar para pemuda yang tumbuh di era interaksi global lewat internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com