Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris: Putin Merupakan Ancaman bagi Baltik

Kompas.com - 20/02/2015, 11:34 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon, Kamis (19/2/2015), mengatakan Rusia menimbulkan "bahaya nyata" bagi keamanan Eropa dan bisa mengacaukan negara-negara di Baltik.

Saat berbicara kepada wartawan yang bepergian dengannya ke Sierra Leone, Fallon mengatakan "khawatir tentang tekanan (Putin) di Baltik, cara Putin yang sedang menguji NATO," dan menyebut pemimpin Rusia itu "sebagai ancaman besar bagi Eropa seperti ISIS."

Fallon mengatakan ketegangan antara Rusia dan NATO "meruncing,'' dan NATO harus siap menangkis serangan apapun yang mengancam Estonia, Latvia dan Lithuania.
 
Rusia dengan cepat membantah pernyataan Michael Fallon, katanya ucapan itu melanggar "etika diplomatik."

Berbicara dalam konferensi mingguan di hadapan para wartawan, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Alexander Lukashevich hari Kamis mengatakan NATO telah mengada-ada tentang "mitos ancaman Rusia yang tidak pernah ada."

Dalam laporan kantor berita Interfax, Lukashevich menuduh NATO menjadi ancaman, di mana Rusia telah "memperhitungkannya dalam rencana militer mereka."

Komentar Michael Fallon datang selagi pertempuran berlanjut di Ukraina timur, meskipun Eropa berupaya mempertahankan gencatan senjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com