Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parlemen Inggris Minta Pendidikan Seks Jadi Pelajaran Wajib

Kompas.com - 17/02/2015, 11:55 WIB
KOMPAS.com - Semua sekolah dasar dan sekolah menengah di Inggris harus mengajarkan pendidikan seks dan hubungan, kata komite pendidikan parlemen.

Komite Pendidikan Parlemen mengatakan mata pelajaran itu harus mendapat status wajib.

"Anak-anak muda memiliki hak terhadap informasi untuk menjaga kesehatan dan keamanan mereka," kata ketua komite Graham Stuart.

Pemerintah mengatakan akan mempertimbangkan temuan itu secara sesksama.

Penyelidikan parlemen dimulai tahun lalu setelah Kementerian Pendidikan Inggris melaporkan bahwa sepertiga sekolah di Inggris tidak menyediakan pendidikan seks yang sesuai dengan usia.

Ketidakjelasan

Kementerian Pendidikan mengatakan pendidikan pribadi, sosial, kesehatan dan ekonomi (PHSE), dimana pendidikan seks merupakan bagiannya, memerlukan peningkatan hingga 40 persen.

"Situasi ini tidak akan ditoleransi untuk mata pelajaran lain namun strategi pemerintah untuk meningkatkan PHSE lemah," kata parlemen.

"Ada ketidakcocokan antara prioritas yang diklaim para menteri diberikan untuk PHSE dan langkah yang diambil untuk meningkatkan pengajarannya di sekolah," tambah mereka.

Secara khusus, kata mereka, ada ketidakjelasan mengenai status mata pelajaran itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com