Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon Kembangkan Mesin Pencari Lebih Canggih dari Google Bernama Memex

Kompas.com - 17/02/2015, 01:33 WIB

KOMPAS.com — Pentagon melalui lembaga Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) saat ini tengah mengembangkan teknologi mesin pencari yang diklaim jauh lebih unggul daripada Google.

Menurut mereka, mesin pencari berlabel Memex ini sanggup melakukan tugas pencarian lebih dalam, bahkan sanggup menjangkau 95 persen pencarian informasi yang tak sanggup dilakukan oleh Google.

Mesin pencari yang namanya diambil dari kombinasi Memory dan Index ini didesain untuk menjelajah informasi yang tak terindeks di internet, termasuk di antaranya mampu menjelajah database informasi yang tak ditampilkan di Google dan bagian tersembunyi lainnya, tempat kegiatan kriminal justru dilakukan.

"Kami membayangkan adanya sebuah paradigma baru dalam pencarian di internet yang akan menyesuaikan konten, hasil pencarian, dan tampilan antarmuka untuk pengguna individu serta pengguna dalam bidang studi tertentu, bukan sebaliknya," ujar Manajer Program DARPA Chris White dalam sebuah pernyataannya.

"Dengan menciptakan metode yang lebih baik untuk berinteraksi dan berbagi informasi, kami ingin meningkatkan kemampuan mesin pencari untuk semua orang, dan mempermudah orang dalam melakukan pencarian informasi. Kemudahan penggunaan bagi mereka yang bukan programmer merupakan hal yang sangat penting," tambahnya sebagaimana dilansir Computer World.

Berbeda dengan hasil pencarian yang ditawarkan oleh Google, Bing, dan Yahoo, yang didasarkan pada iklan dan ditampilkan secara linear berdasarkan algoritma mesin pencari, Memex akan menyajikan informasi ke dalam bentuk infografis canggih, informasi yang sulit ditemukan oleh Google.

Hal tersebut diyakini akan sangat membantu dalam memerangi berbagai macam bentuk tindak kejahatan semisal perdagangan manusia, prostitusi online, ataupun terorisme.

Namun, DARPA meyakinkan bahwa hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk pemerintahan, militer, dan organisasi komersial dalam mencari dan mengorganisasi "misi kritis" informasi di internet. Misalnya, pengguna bisa dengan cepat menemukan informasi tentang wilayah-wilayah terparah dalam bencana alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com