Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Partai Likud Israel Pakai Lagu Rap Palestina

Kompas.com - 16/02/2015, 09:33 WIB
KOMPAS.com - Satu kelompok penyanyi rap Palestina mengancam akan menggugat partai sayap kanan Israel, Partai Likud, pimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Alasannya partai tersebut menggunakan musik mereka dalam kampanye pemilihan umum namun dengan cara yang dianggap 'merugikan'.

Dalam iklan Partai Likud tersebut, para militan dari kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS menggunakan mobil angkutan terbuka berwarna putih dan menanyakan arah jalan menuju Israel kepada seorang pengemudi truk Israel.

Si pengemudi menjawab 'Ambil yang kiri' dan kemudian muncul tulisan, 'Kiri akan menyerah kepada terorisme' dan 'Mereka atau, hanya ada Likud, hanya Netanyahu.'

Latar belakang musik yang digunakan untuk iklan tersebut adalah lagu Ghorbah, yang artinya Pengasingan, karya kelompok musik rap Torabyeh asal Palestina yang bermarkas di ibu kota Jordania, Amman.

Dalam halaman Facebook, Torabyeh tidak hanya menuduh Partai Likud menggunakan musik mereka untuk propaganda tetapi juga membahayakan hidup merka karena mengkaitkan mereka dengan ISIS.

"Kami mengecam keras dan menolak pelanggaran kasar hak kekayaan intelektual dan perusakan reputasi Torabyeh."

Iklan Partai Likud yang dirilis Sabtu (14/2/2015) itu menggunakan pemeran yang membawa bendera Negara Islam atau ISIS, yang saat ini menguasai beberapa wilayah di Suriah dan Irak.

Israel akan menggelar pemilihan umum dini pada 17 Maret mendatang setelah bubarnya koalisi pimpinan Netanyahu.

Beberapa jajak pendapat memperlihatkan persaingan ketat antara Partai Likud dan Persatuan Zionis walau banyak pemilih yang belum memutuskan pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com