Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Rilis Video Pemenggalan 21 Orang di Libya

Kompas.com - 16/02/2015, 04:22 WIB
KOMPAS.com - Kelompok militan ISIS merilis sebuah video pemenggalan terhadap penganut Kristen Koptik di Mesir yang mereka tangkap sebelumnya. Para korban terlihat menggunakan baju berwarna oranye dengan tangan yang terborgol.

Para militan ISIS terlihat dalam video tersebut menggunakan penutup kepala dan pakaian serba hitam. Disebutkan, lokasi pemenggalan berada di wilayah pantai Libya.

Sebelumnya diinformasikan ada 21 penganut Kristen Koptik yang diculik oleh ISIS. Video pemenggalan tersebut diberi judul "Pesan kepada negara salib", lalu mereka juga memasukan tulisan "Orang-orang dari neagra salib, pengikut dari Gereja Mesir".

Video tersebut muncul beberapa hari setelah ISIS merilis video pembunuhan yang disertai pembakaran hidup-hidup pilot pesawat tempur F-16 Yordania, Maaz al-Kassasbeh. Video itu kemudian menuai reaksi dari masyarakat internasional.

Sebelumnya diberitakan, pada Januari telah terjadi penculikan 21 orang Kristen di Mesir. Juru bicara kementerian luar negeri Mesir, Badr Abdelatty, kepada AFP mengakui ada 20 orang yang diculik di dua wilayah berbeda di Mesir.

Meski begitu, Badr Abdelatty belum dapat memastikan agama yang dianut oleh para korban penculikan, sembari mengatakan ada 13 orang warga Mesir yang masih ditahan oleh para penculiknya di Libya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com