Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Denmark Tetapkan Satu Tersangka Penembakan Kafe

Kompas.com - 15/02/2015, 03:01 WIB
COPENHAGEN, KOMPAS.com - Kepolisian Denmark, Sabtu (14/5/2015), menetapkan hanya satu orang tersangka pelaku penembakan sebuah kafe yang tengah menggelar diskusi tentang kebebasan berpendapat. Dalam insiden itu setidaknya satu orang tewas.

Polisi juga merilis foto tersangka yang aksinya menewaskan satu orang pengunjung kafe Krudttoenden itu. Dalam foto tersebut terlihat sosok seorang pria mengenakan jas berwarna gelap, topeng berwarna marun dan menenteng sebuah tas hitam.

Sebelumnya sebuah sejumlah orang menembaki kafe itu ketika sebuah diskusi soal kebebasan berpendapat tengah digelar. Akibat aksi penembakan itu setidaknya satu orang tewas dan tiga polisi terluka.

Diskusi itu digelar seorang seniman asal Swedia Lars Vilks yang pada 2007 membuat umat Muslim sedunia marah karena membuat kartun Nabi Muhammad.

Akibat penembakan tersebut sekitar 30 lubang akibat tembakan terlihat di beberapa kaca jendela kafe Krudttoenden di wilayah utara Kopenhagen. Stasiun televisi setempat TV2 mengabarkan setidaknya dua orang dibawa dengan tandu setelah terjadinya penembakan.

Sejumlah media Denmark bahkan mengabarkan empat orang terluka akibat penembakan itu, tiga di antaranya adalah petugas polisi. Sementara itu, sang penggagas acara Lars Vilks tidak terluka dalam insiden itu. Demikian disampaikan salah seorang pengelola acara, Helle Merete Brix.

"Saya melihat beberapa orang bertopeng berlari melintas. Saya juga melihat dua orang polisi terluka. Saya menduga sasaran utama serangan ini adalah Lars Vilks," ujar Brix.

Seniman berusia 68 tahun itu memang biasa meminta perlindungan polisi setiap kali dia berada di Denmark dan saat insiden itu terjadi Vilks diyakini dikawal seorang polisi.

Sejumlah saksi mata mengatakan polisi membalas tembakan setelah seseorang berteriak dan menembaki kafe itu dengan menggunuakan senapan otomatis.

Duta besar Perancis untuk Denmark, Francois Zimeray berada di kafe tersebut saat serangan terjadi. "Mereka menembaki kami dari luar kafe. Beruntung mereka tidak berhasil masuk," kata Zimeray.

Polisi kemudian mengejar tersangka yang kabur menggunakan sebuah mobil jenis Volkswagen Polo. Tak lama kemudian polisi menemukan mobil itu ditinggalkan tersangka di sebuah lokasi tak jauh dari kafe Krudttoenten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com