Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga AS Ikuti Shalat Jenazah bagi 3 Mahasiswa Muslim

Kompas.com - 13/02/2015, 09:52 WIB
RALEIGH, KOMPAS.com - Shalat jenazah dan upacara pemakaman tiga mahasiswa Muslim yang ditembak mati di North Carolina, dilangsungkan di kota Raleigh, North Carolina, hari Kamis (12/2/2015) siang waktu setempat.

Upaacara pemakaman itu sedianya diselenggarakan di salah satu masjid terbesar di Raleigh, di mana keluarga Barakat telah sejak lama menjadi jemaah. Tetapi, ribuan warga yang datang, baik untuk mengikuti shalat jenazah maupun sekadar menyampaikan belasungkawa, membuat acara itu dipindahkan ke sebuah lapangan olahraga di seberang masjid tersebut. Lapangan olahraga itu merupakan milik North Carolina State University, di mana dua dari tiga korban pernah menjadi mahasiswa.

Shalat jenazah dimulai tak lama setelah adzan shalat Dzuhur berkumandang. Sebelumnya, keluarga dan beberapa sahabat dekat ketiga korban sempat melihat langsung ketiga jenazah di sebuah ruangan kecil yang terpisah dari masjid.

Deah Shaddy Barakat yang berusia 23 tahun, istrinya Yusor Abu Salha yang berusia 21 tahun, dan adik istrinya Razan Abu-Salha yang berusia 19 tahun ditembak di bagian kepala oleh tetangga mereka Craig Stephen Hicks. Ketiga korban ditemukan tewas Selasa malam di sebuah kompleks apartemen di Summerwalk Circle, di dekat kampus Universitas North Carolina, Chapel Hill.

Ketika menyerahkan diri kepada polisi, Hicks mengaku menembak ketiganya karena perselisihan soal parkir.

Deah Shaddy Barakat adalah mahasiswa pasca sarjana Fakultas Kedokteran Gigi di kampus Universitas North Carolina - Chapel Hill. Sebelumnya, pada tahun 2013 ia telah meraih gelar sarjana administrasi-bisnis dari North Carolina State University.

Menurut situs YouCaring.com, sebuah situs pengumpulan dana lewat internet secara gratis, Barakat adalah salah seorang yang menggagas upaya pengumpulan dana untuk menyediakan layanan perawatan gigi secara gratis kepada siswa-siswa di Salaam School Turki.

Barakat dan beberapa mahasiswa fakultas itu dijadwalkan berangkat ke Turki pada musim panas ini untuk merawat anak-anak Suriah yang terpaksa mengungsi ke Turki akibat perang saudara berkepanjangan.

Deah Shaddy Barakat baru saja menikah dengan Yusor Mohammed akhir Desember lalu. Yusor juga baru meraih gelar sarjana administrasi bisnis dari North Carolina State University pada tahun 2013 dan sehari sebelum ditembak ia baru saja memasang foto-foto pernikahannya di Facebook.

Salah satu foto memperlihatkan ia sedang berdansa dengan ayahnya. Para pejabat kampus Universitas North Carolina mengatakan Yusor sedianya akan mendaftar menjadi mahasiswa di kampus mereka pada musim gugur mendatang.

Korban ketiga, Razan Abu-Salha yang baru berusia 19 tahun, adalah adik Yusor dan merupakan mahasiswa tingkat dua jurusan arsitektur dan desain di Universitas North Carolina.

Craig Stephen Hicks yang ditahan di Durham County Jail tanpa uang jaminan dijadwalkan akan kembali diadili tanggal 4 Maret mendatang. Hicks dituntut tiga pasal pembunuhan tingkat pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com