Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resolusi PBB Disahkan untuk Memutus Pendanaan ISIS

Kompas.com - 13/02/2015, 05:45 WIB
KOMPAS.com - Dewan Keamanan PBB mengesahkan resolusi untuk memutus sumber dana kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS, antara lain penjualan minyak dan barang antik.

Melalui suara bulat dari 15 anggota, resolusi yang dirancang Rusia tersebut disahkan di markas PBB pada Kamis (12/2/2015).

Dalam resolusi disebut semua perdagangan barang antik dari Suriah dilarang. Selain itu sanksi akan dijatuhkan kepada siapa pun yang membeli minyak dari ISIS dan kelompok-kelompok afiliasinya seperti Fron Nusra.

Resolusi juga menyerukan kepada negara-negara yang warganya disandera oleh ISIS untuk tidak membayar tebusan baik langsung maupun melalui perantara.

Resolusi Dewan Keamanan PBB ini mengikat dan memberikan wewenang kepada DK untuk menerapkan resolusi dengan risiko sanksi-sanksi ekonomi.

Wartawan BBC di PBB Nick Bryant melaporkan pengesahan resolusi dengan suara bulat tersebut menunjukkan bahwa masyarakat internasional bersatu padu melawan kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam, yang kini menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com