Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomat Romania Dipecat karena "E-mail" Kasar

Kompas.com - 12/02/2015, 05:00 WIB
KOMPAS.com — Seorang diplomat Romania diberhentikan setelah kedutaan Romania di Paris mengirimkan undangan lewat surat elektronik untuk suatu acara, tetapi di dalam undangan tercantum komentar tentang para tamu.

Kementerian Luar Negeri Romania tidak menyebut nama diplomat yang diberhentikan tersebut.

Persoalan bermula ketika pekan lalu kedutaan mengirimkan undangan untuk acara yang dihadiri oleh Presiden Klaus Iohannis dalam kunjungannya ke Paris pada Selasa (10/2/2015).

Namun, tanpa sengaja, undangan yang disebar lewat e-mail itu juga disertakan lembaran kerja yang menyebut beberapa tamu sebagai "tak diinginkan" dan seorang tamu disebut "menakutkan".

Duta Besar Romania untuk Perancis, Bogdan Mazuru, mengatakan, insiden itu disesalkan dan ia bersedia menjelaskan ke parlemen bila diperlukan.

Kedutaan telah meminta maaf atas pengiriman lembar kerja berisi keterangan para tamu, tetapi menegaskan bahwa keterangan itu bersifat pribadi. Namun, kemarahan sejauh ini belum mereda.

Kementerian Luar Negeri Romania menambahkan, diplomat kedua juga dipanggil pulang. Ia diketahui bekerja di Institut Kebudayaan Romania di ibu kota Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com