Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2015, 11:13 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Sejumlah pejabat intelijen AS, Selasa (10/2/2015) waktu setempat, mengatakan, milisi asing sedang berbondong ke Suriah dalam jumlah "yang belum pernah terjadi sebelumnya", yaitu lebih dari 20.000 sukarelawan dari seluruh dunia untuk bergabung dengan kelompok Negara Islam atau ISIS serta kelompok-kelompok ekstremis lainnya.

Para milisi asing yang melakukan perjalanan ke Suriah itu berasal dari lebih dari 90 negara, termasuk setidaknya 3.400 orang dari negara-negara Barat dan lebih dari 150 orang dari AS. Demikian menurut perkiraan terbaru Pusat Kontra Terorisme Nasional (National Counter-Terrorism Center/NCTC) AS.

Perkiraan itu menyebut, mayoritas relawan asing yang tiba baru-baru ini telah bergabung dengan kelompok ISIS di Suriah dan Irak. Menurut NCT, perkiraan total jumlah milisi asing yang berbondong-bondong ke Suriah naik dari perkiraan sebelumnya pada Januari yang hanya sekitar 19.000 orang.

Tak ada angka tepat yang tersedia terkait jumlah milisi asing itu "tetapi trennya jelas dan mengkhawatirkan," kata Nicholas Rasmussen, direktur NCTC, dalam sambutannya yang disiapkan untuk sidang Kongres pada Rabu ini. "Tingkat perjalanan milisi asing ke Suriah belum pernah terjadi sebelumnya. Ini melebihi tingkat jumlah orang yang pergi ke Afganistan dan Pakistan, Irak, Yaman, atau Somalia pada titik kapan pun dalam 20 tahun terakhir," kata dia.

Rasmussen mengatakan, para relawan berasal dari berbagai latar belakang dan "tidak ada stereotipe tertentu".

 "Medan perang di Irak dan Suriah memberi kesempatan pengalaman tempur, pelatihan penggunaan senjata dan bahan peledak bagi milisi asing, dan akses ke jaringan teroris yang mungkin merencanakan serangan yang menargetkan Barat," katanya.

Sejumlah pemerintah negara Barat telah menyuarakan peringatan terkait arus milisi asing yang menuju Suriah yang dilanda konflik, terutama setelah terjadinya serangan militan di Paris yang menewaskan 17 orang.

Menurut sejumlah pejabat AS, dalam pertempuran selama berbulan-bulan untuk merebut kota Kobani di Suriah yang dekat dengan perbatasan Turki, sejumlah besar milisi asing termasuk di antara yang tewas. Pasukan Kurdi, yang didukung serangan udara pimpinan AS, akhirnya berhasil menangkis upaya ISIS untuk merebut Kobani itu.

Menurut Rasmussen, militan ISIS mampu merekrut relawan baru sebagian karena propanga cerdas kelompok itu di media sosial, yaitu dengan memproduksi video dan kemudian menampilkannya dalam berbagai bahasa. Selain foto-foto mengerikan tentang pembunuhan para sandera dan eksekusi di medan perang, kelompok itu juga berusaha untuk menggapai para pemuda yang terasing dengan mempromosikan foto-foto penyambutan dan hidup "gaya pedesaan" di kekhalifahan yang mereka deklarasikan.

Dia mengatakan, militan ISIS menggunakan referensi merek Barat dan video game populer untuk merekrut orang muda dan orang-orang yang suka mencari sensasi.  "Mereka juga telah menciptakan 'meme' bernas seperti, YODO yang artinya 'Anda hanya mati sekali. Mengapa tidak membuatnya menjadi mati syahid?'"

Dia menambahkan, Al Qaeda dan cabang-cabangnya di Timur Tengah dan Afrika belum pernah memperlihatkan kecerdasan propaganda seperti itu.

Rasmussen mengatakan, tidak ada rute tunggal bagi para milisi asing yang melakukan perjalanan untuk mencapai Suriah. Namun kebanyakan melewati Turki "karena kedekatan geografis ke daerah perbatasan Suriah." Mereka memanfaatkan  keuntungan pengaturan perjalanan bebas visa Turki dengan sekitar 69 pemerintah, termasuk dengan negara-negara Uni Eropa.

Turki telah meningkatkan upaya untuk membendung arus itu dan menolak masuk orang-orang yang potensial menjadi milisi asing. Negara ini kini punya daftar larangan perjalanan untuk sekitar 10.000 orang.

Rasmussen mengatakan, walau Turki dan negara-negara Eropa lainnya telah memperkuat kontrol perbatasan dan mengambil langkah-langkah lainnya, "upaya signifikan tetap" ada  untuk mencegah para relawan menuju Suriah atau untuk menghentikan mereka kembali.

Ia mengatakan, pada akhirnya, satu-satunya cara untuk melawan ancaman ekstremis dan kelompok ISIS adalah "mengurangi daya tarik terorisme dan menghalangi orang bergabung dengan mereka pada kesempatan pertama."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com