Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tak Kerahkan Pasukan Darat, Pengaruh ISIS Membesar

Kompas.com - 10/02/2015, 09:17 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Seorang ulama senior Perancis memperingatkan bahwa pengaruh kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS akan terus berkembang kecuali Amerika Serikat menerjunkan pasukan darat ke Irak dan Suriah.

Demikian dikatakan oleh Dr Dalil Boubakeur, ketua pengurus Masjid Agung Paris dalam wawancara dengan BBC.

Dr Boubakeur menyebut usaha pemerintah Perancis mengatasi ekstremisme Islam sebagai "obat mini untuk penyakit ganas. Ada pun "obat besarnya" adalah "tongkat besar Amerika Serikat".

Oleh sebab itu, seperti dilaporkan oleh wartawan BBC di Perancis, Lucy Williamson, Amerika Serikat harus melancarkan intervensi militer skala penuh di Irak dan Suriah

Namun ia juga menyalahkan negara-negara Barat atas apa yang katakan membuka pintu bagi radikalisasi dengan cara mendiamkan pandangan dan tingkah laku di sebagian negara Arab yang tidak toleran.

"Sekulerisme ini adalah pintu terbuka bagi Islamisasi tanpa rintangan," katanya. "Ini bukan kebebasan, ini adalah kekacauan."

Pandangan Dr Dalil Boubakeur bertolak belakang dengan sejumlah pemuka Islam di Perancis. Bagi sejumlah pemuka Islam di negara itu, ketimpangan dan prasangka mendorong warga merasa diasingkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com