Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi "Rahasia Negara," China Tahan Warga Kanada

Kompas.com - 06/02/2015, 12:59 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — China menahan seorang warga Kanada yang dicurigai "mencuri rahasia negara", tetapi melepaskan istrinya.

Kevin dan Julia Garrat sebetulnya sudah ditangkap sejak enam bulan lalu. Pasangan Kristen ini mengelola sebuah kedai kopi di Dandong, dekat perbatasan dengan Korea Utara.

Media pemerintah menyebutkan, mereka dicurigai mencuri berbagai rahasia negara terkait militer dan pertahanan.

Kanada mengatakan sangat prihatin atas kasus itu dan akan menindaklanjutinya.

"Kami menyambut baik keputusan terbaru untuk melepaskan Julia Garratt, tetapi Pemerintah Kanada sangat menyesalkan penahanan Kevin Garratt," kata Wakil Menteri Luar Negeri Lynne Yelich, seperti dikutip kantor berita Reuters.

Dalam jumpa pers hari Kamis (5/2/2015), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei mengatakan, Kevin Garratt telah ditahan untuk perkara pidana, "dengan tuduhan mata-mata dan mencuri rahasia negara".

Sedangkan Julia Garratt dilepaskan dengan jaminan.

"Kasusnya masih terus diselidiki. Pemerintah China akan melindungi hak dan kepentingan mereka sebagaimana yang dijamin oleh hukum," katanya.

Di pihak lain, pengacara keluarga itu menyebutkan, suami istri Garrat belum secara resmi ditahan atau dijadikan tersangka, dan "tak ada bukti perbuatan pidana" yang diperlihatkan pada mereka.

Tatkala mereka ditangkap, anak lelaki mereka, Simeon, mengatakan langkah itu "tak masuk nalar."

Kevin dan Julia Garrat pernah mengajar di China selatan sebelum pindah ke Dandong untuk kemudian di sana membuka Peter's Coffee House.

Beberpa waktu sebelum penangkapan itu, Kanada mengumumkan bahwa sebuah organisasi riset penting pemerintah telah diserang oleh peretas yang didukung pemerintah China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com