Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 24 Miliarder Dunia Tinggal di Indonesia

Kompas.com - 05/02/2015, 18:52 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Saat ini, di seluruh dunia terdapat 2.089 miliarder. Dari jumlah itu, jumlah miliarder India untuk kali pertama melebihi jumlah yang ada di Rusia. Berdasarkan jumlah tersebut, sebanyak 24 miliarder tinggal di Indonesia. (Baca: Ini 24 Orang Terkaya di Indonesia)

Dalam daftar orang terkaya dunia yang dirilis majalah bulanan Hurun—yang juga dikenal menerbitkan daftar orang terkaya di Tiongkok—menunjukkan, pada 2014 terdapat 222 miliarder baru di dunia, dan sepertiganya berasal dari Tiongkok.

Amerika Serikat masih menempati urutan teratas dengan memiliki 537 warga superkaya, diikuti Tiongkok di posisi kedua dengan 437 miliarder, dengan tambahan 72 miliarder baru pada tahun lalu.

Sementara itu, peringkat ketiga diduduki India dengan 97 miliarder, melampaui Rusia yang memiliki 93 warga berkatagori superkaya, dan Inggris di peringkat kelima dengan 80 miliarder.

Secara total terdapat 67 negara yang ditinggali setidaknya seorang miliarder. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Ternyata, Indonesia memiliki 24 miliarder dan menempati peringkat ke-19 dalam daftar tersebut. Namun, untuk kawasan Asia Tenggara, Thailand adalah negara dengan miliarder terbanyak, yaitu 29 orang, disusul Singapura dengan 26 miliarder.

Untuk kota yang paling diminati para miliarder sebagai tempat tinggal, New York masih menempati urutan teratas dengan 91 miliarder, disusul Moskwa, Hongkong, Beijing, dan London.

Namun, terdapat enam kota Asia yang masuk dalam 10 besar soal tempat tinggal, yaitu Mumbai, Hongkong, Beijing, Shenzhen, Taipei, dan Shanghai.

Untuk orang terkaya, Bill Gates masih berada di puncak "klasemen", disusul konglomerat Meksiko, Carlos Slim, dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, yang untuk kali pertama menembus peringkat 10 besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com