Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berfoto Bugil di Kompleks Candi Angkor, 3 Turis Perancis Diusir dari Kamboja

Kompas.com - 02/02/2015, 23:22 WIB
PHNOM PENH, KOMPAS.com — Tiga turis Perancis dideportasi dan dilarang masuk kembali ke Kamboja setelah mereka ketahuan berfoto bugil di salah satu situs keagamaan terbesar di dunia, Angkor.

Ketiga turis itu berpose bugil di dekat sebuah kuil Buddha di dalam kompleks Candi Angkor yang luas. Aksi konyol ini membuat Pemerintah Kamboja berang.

Ketiganya kemudian ditangkap di kompleks Candi Banteay Kdei, Kamis pekan lalu. Dalam sidang, mereka terbukti memproduksi pornografi dan memamerkan organ seksual. Demikian dikabarkan oleh harian Cambodia Daily.

"Kami menggunakan prosedur deportasi sebagai bentuk peringatan untuk turis asing lainnya," kata wakil jaksa Sok Keo Bandith kepada Cambodia Daily.

Jaksa yakin, ketiga turis Perancis itu akan menggunakan foto-foto bugil mereka untuk membuat kalender.

Pemerintah Kamboja menjelaskan, ketiga turis Perancis itu mengakui, mereka telah berbuat kesalahan dan meminta maaf kepada seluruh rakyat Kamboja.

Kompleks Candi Angkor meliputi area seluas hampir 400 kilometer persegi, dan yang paling terkenal dari kompleks ini adalah Candi Angkor Wat. Tempat tersebut merupakan lokasi wisata paling terkenal di Kamboja, yang dikunjungi 1,5 juta orang per tahun.

Angkor merupakan lokasi pusat kekaisaran Khmer yang mencapai kejayaan pada abad ke-9 hingga ke-15. Di dalam kompleks ini terdapat sisa-sisa beberapa ibu kota kekaisaran Khmer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com