Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagar Besi Rumah Aung San Suu Kyi Dijual Rp 2 Miliar

Kompas.com - 31/01/2015, 04:45 WIB

YANGON, KOMPAS.com - Pagar besi yang berasal dari rumah tempat pemimpin oposisi Burma, Aung San Suu Kyi ternyata laris saat dijual. Penyebabnya, pagar besi itu dianggap bersejarah karena menjadi bagian dari perjuangan Suu Kyi yang ditahan junta militer Burma selama bertahun-tahun.

Seorang anggota terkemuka dari partai politik pimpinan Suu Kyi mengatakan, harga yang diminta untuk pagar besi itu mencapai 200.000 dolar AS atau sekitar Rp 2 miliar.

Secara fisik tak ada yang istimewa dengan pagar tersebut. Pagar itu bercat merah dan kuning dengan jeruji di atasnya. Selain itu, pagar juga ditempeli nomor rumah yang terbuat dari keramik tua.

Uang hasil penjualan pagar rencananya akan dipakai untuk membangun kantor baru bagi partai Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi.

Selama 15 tahun dikurung di rumahnya sendiri di Jalan Universitas nomor 54, Yangon, Suu Kyi sering kali berpidato kepada para pendukungnya dari belakang pagar rumahnya. Namun, belum jelas apakah Suu Kyi sendiri sudah memberikan izin atas rencana penjualan pagar bersejarah tersebut.

Syu Kyi dianugerahi Hadiah Nobel untuk Perdamaian pada tahun 1991.

Ia dibebaskan dari tahanan rumah pada bulan November 2010 dan sejak itu pagar baru dipasang menggantikan pagar yang kini akan dijual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com