Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Putuskan Hilangnya MH370 adalah Sebuah Kecelakaan

Kompas.com - 29/01/2015, 18:02 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Pemerintah Malaysia, Kamis (29/1/2015), secara resmi mengumumkan bahwa pesawat milik maskapai Malaysia Airlines MH370 yang hilang dinyatakan mengalami kecelakaan, dan semua penumpang beserta awak dianggap meninggal dunia.

"Dengan berat hati dan dukacita mendalam, atas nama Pemerintah Malaysia, kami secara resmi mengumumkan Malaysia Airlines penerbangan MH370 mengalami kecelakaan, dan kesemua penumpang beserta awak yang berjumlah 239 orang dianggap meninggal dunia," kata perwakilan Departemen Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman.

Pernyataan ini akan memperjelas situasi bagi keluarga penumpang yang berhak mendapatkan kompensasi, dan bagi Malaysia Airlines untuk mengajukan klaim asuransi.

Namun, pernyataan ini dipastikan menjadi pukulan berat bagi keluarga penumpang yang selama 10 bulan menunggu kepastian dari keberadaan pesawat itu, yang hingga kini tidak diketahui.

Selama ini, cara Pemerintah Malaysia menangani tragedi hilangnya MH370 mendapat banyak kritik, terutama dari keluarga penumpang dan awak pesawat.

Sejumlah kerabat penumpang, beberapa di antaranya membawa spanduk yang mempertanyakan nasib keluarga mereka, tiba di tempat jumpa pers di Departemen Penerbangan Sipil (DCA). Mereka menyatakan kekesalan karena sebelumnya tidak diberi tahu mengenai rencana pernyataan ini.

"Yang paling membuat kami kesal, mengapa mereka berencana untuk mengumumkan pernyataan ke seluruh dunia terlebih dahulu, baru ke pihak keluarga? Mengapa keluarga penumpang diperlakukan seperti ini?" kata Wesley Walter, yang kakak iparnya menjadi penumpang MH370.

Malaysia Airlines MH370 hilang pada 8 Maret 2014 dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Apa yang selanjutnya terjadi menjadi salah satu misteri terbesar dunia penerbangan modern.

Pemerintah Malaysia mengatakan, data satelit mengindikasikan bahwa MH370 mengubah jalur penerbangannya ke wilayah Samudra Hindia. Namun, hingga kini, bukti tak kunjung ditemukan, meski operasi pencarian termahal dalam sejarah penerbangan ini masih berlangsung.

Belum adanya titik terang terkait nasib MH370 membuat kerabat korban menuduh Pemerintah Malaysia dan Malaysia Airlines tengah menutupi fakta sebenarnya terkait musibah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com