Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontroversi Kerudung Michelle Obama, Apakah Saudi Peduli?

Kompas.com - 29/01/2015, 11:19 WIB
KOMPAS.com — Ketika Michelle Obama hadir untuk mendampingi suaminya di Arab Saudi tanpa mengenakan kerudung, wajar jika Anda mengira bahwa topik ini ramai diperbincangkan di media sosial. Namun, hal itu tidak terjadi.

Walaupun media asing melaporkan adanya kontroversi di media sosial, sebuah tagar berbahasa Arab yang bila diterjemahkan berbunyi "Michelle Obama tanpa kerudung" atau "Michelle Obama tidak sopan" ternyata di-tweet sebanyak 2.500 kali—bukan angka yang kecil—tetapi bukan jumlah yang besar untuk negara yang penduduknya sangat menggemari Twitter.

Nyatanya, "kontroversi" ini tidak dianggap sepenting tagar yang berhubungan dengan kunjungan Presiden AS ke Arab Saudi. Tagar "Raja Salman meninggalkan Obama untuk shalat" menarik lebih dari 170.000 kicauan. Warga Arab menggunakan slogan tersebut untuk menunjukkan kekaguman terhadap pemimpin baru mereka, Raja Salman, yang pergi meninggalkan Obama untuk shalat, seperti yang ditunjukkan dalam laporan berita yang banyak ditonton di YouTube.
"Ini adalah orang yang meninggalkan pemimpin negara yang paling penting di dunia untuk menunaikan shalat," tulis seseorang.

BBC Monitoring, yang menelusuri kritik terhadap Michelle Obama, mengatakan, sebagian besar warga Arab yang berkicau mengenai "Michelle Obama tanpa kerudung" bahkan bergurau tentang situasi tersebut terkait peraturan Saudi yang konservatif. Beberapa pengguna berbagi foto Michelle Obama yang mengenakan kerudung selama kunjungannya ke Malaysia pada 2010, sementara pengguna lain menyerukan untuk lebih banyak kebebasan dalam Kerajaan Saudi.

Sedikit dari kicauan tersebut terlihat marah karena Ibu Negara AS tersebut tidak menutupi kepalanya. Banyak pengguna Twitter asal AS menggunakan tagar tersebut untuk mengecam tradisi Saudi. Bahkan, hanya 37 persen tweet dengan tagar "Michelle Obama tanpa kerudung" berasal dari Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com