Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Desa di India Punya Kulkas untuk Pertama Kali

Kompas.com - 28/01/2015, 16:45 WIB
KOMPAS.com - Seorang penjahit di sebuah desa di India menjadi orang pertama di komunitasnya yang memiliki kulkas, sesuatu yang telah ia impikan selama 10 tahun.

Santosh Chowdhury berjalan mondar-mandir dan berbicara melalui telepon genggamnya. Hari itu sangat penting baginya dan bagi Desa Rameshwarpur, di dekat Kolkata di timur laut India.

"Berapa lama lagi? Lewat pangkalan becak motor, ya benar," teriaknya.

Santosh telah membeli sebuah kulkas baru. Kulkas itu tidak hanya kulkas pertama baginya, tapi juga bagi seluruh komunitas yang berjumlah 200 orang itu. "Memiliki kulkas sangat jarang terjadi di desa seperti desa kami," katanya.

Kurangnya jumlah lemari es di Rameshwarpur mencerminkan situasi di seluruh India. Hanya satu dari empat rumah yang memiliki lemari es. Bandingkan dengan 99 persen rumah tangga di negara maju.

"Kami adalah generasi pertama yang memiliki kulkas di keluarga kami," kata Santosh. "Tidak ada seorang pun dari zaman ayah dan kakek saya yang pernah melihat lemari es."

Santosh bekerja sebagai seorang penjahit. Ia tinggal di gubuk dua kamar yang juga berfungsi sebagai tempat kerja. "Saya tidak punya pekerjaan tetap," kata dia. "Kadang saya bekerja paruh waktu di pabrik. Penghasilan saya tiga hingga empat dolar sehari."

Hidup mereka cukup keras, terutama bagi istrinya, Sushoma.

Ia memasak makan siang, mengaduk kuali berisi nasi di atas kayu bakar di luar gubuk mereka. Ia harus memasak setiap hari karena mereka tidak bisa menyimpan sisa makanan. Jadi Santosh harus pergi ke pasar pagi-pagi setiap hari untuk berbelanja.

Ia selalu berharap bisa membuat pekerjaan rumah istrinya lebih mudah dan sejak 10 tahun yang lalu ia bermimpi memiliki lemari es.


BBC Hidup mereka cukup keras, terutama bagi istrinya, Sushoma. Ia memasak makan siang, mengaduk kuali berisi nasi di atas kayu bakar di luar gubuk mereka.
"Punya lemari es sangat memudahkan," kata Santosh. "Tidak perlu membeli sayur setiap hari dan kami bisa menyimpan makanan, terutama di musim panas."

Karenanya ia rajin menabung sedikit demi sedikit setiap bulan untuk membeli lemari es yang harganya senilai dengan penghasilannya sebulan.

"Saya tidak punya pendapatan besar, makanya saya perlu waktu lama. Tapi sekarang uang saya cukup," katanya sembari tersenyum.

Di salah satu toko di sebuah jalan raya Kolkata, sekitar 15 kilometer dari rumahnya, Santosh memilih-milih model kulkas. Melihat ke dalam lemari es, ia mengelus sebuah lemari es berwarna merah.

"Saya bingung. Ini pertama kalinya bagi saya. Saya tidak tahu harus membeli yang mana," kata Santosh malu-malu. "Istri saya ingin yang berwarna merah. Saya ingin yang paling sedikit menyedot listrik. Kami harus menekan tagihan listrik."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com