Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Internasional Dubai Jadi yang Terbaik di Dunia

Kompas.com - 27/01/2015, 23:15 WIB
DUBAI, KOMPAS.com — Bandara internasional Dubai, yang menjadi penghubung penerbangan jarak jauh antara Asia dan Barat, menggeser bandara internasional Heathrow, London, sebagai bandara terbaik di dunia. Demikian manajemen bandara Dubai mengatakan, Selasa (27/1/2015).

Lalu lintas penumpang di bandara ini meningkat 6,1 persen tahun lalu menjadi 70,47 juta penumpang setahun. Manajemen bandara mengatakan, pihaknya berharap jumlah penumpang yang dilayani bandara itu akan meningkat signifikan pada 2015.

Bandara internasional Dubai merupakan basis dari Emirates, maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah. Selain itu, maskapai Etihad Abu Dhabi dan Qatar Airways juga menggunakan bandara ini sebagai salah satu basis utama mereka.

"Pencapaian bersejarah ini merupakan puncak dari pertumbuhan rata-rata dua digit selama lima dekade," kata Direktur Bandara Dubai Sheikh Ahmed bin Saeed al-Maktoum.

"Tujuan lainnya adalah menjadikan Dubai sebagai pusat penerbangan global dan kami sudah mendekati sasaran itu," tambah Sheikh Ahmed.

Sementara itu, CEO Bandara Dubai Paul Griffith mengatakan, bandara itu akan meningkatkan kapasitas layanan tahunannya menjadi 90 juta penumpang tahun ini dengan pembukaan terminal D, sebuah pusat kedatangan dan keberangkatan terbaru.

Dubai, yang tak banyak memiliki cadangan minyak mentah, selama bertahun-tahun mencoba mengembangkan perekonomiannya dengan sektor inti di perdagangan, transportasi, dan turisme.

Dengan ekspansi pengembangan kapasitas yang terus ditingkatkan, bandara internasional Dubai dan sektor penerbangan diharapkan menyumbang lebih dari sepertiga pendapatan Uni Emirat Arab pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com