Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Bantuan Belum Cair, PBB Tak Bisa Renovasi Ribuan Rumah di Gaza

Kompas.com - 27/01/2015, 16:42 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.com - Badan PBB untuk urusan pengungsi Palestina, Selasa (27/1/2015), mengatakan belum dapat memulai perbaikan rumah warga Gaza yang hancur akibat perang dengan Israel tahun lalu karena negara-negara donor belum mengucurkan bantuan.

"Kami sudah menghabiskan semua anggaran untuk renovasi dan subsidi mengontrak rumah," demikian pernyataan Badan PBB untuk bantuan dan pembangunan(UNRWA).

"Bantuan sebesar 5,4 miliar dolar yang dijanjikan dalam konferensi Kairo pada Oktober tahun lalu belum satupun kami terimal. Kondisi ini sungguh menyedihkan dan tak bisa diterima," tambah UNRWA.

UNRWA mengatakan kediaman lebih dari 96.000 pengungsi Palestina hancur atau rusak akibat konflik Israel-Hamas selama 50 hari itu.

Lebih jauh UNRWA meneruskan, pemangkasan subsidi untuk para pengungsi menyewa rumah bisa membuat sebagian besar pengungsi kembali mendiami sekolah-sekolah dan bangunan milik PBB yang saat ini sudah dihuni 12.000 orang.

"UNRWA di Gaza sejauh ini sudah menyalirhkan lebih dari 77 juta dolar untuk 66.000 keluarga pengungsi Palestina untuk memperbaiki kediaman mereka atau untuk mencari kediaman sementara," tambah lembaga itu.

"Ini merupakan prestasi luar biasa namun juga belum cukup. Kita membicarakan nasib ribuan keluarga yang terus menderita selama musim dingin tanpa akomodasi yang memadai. Banyak orang tidur di antara reruntuhan dan banyak anak-anak meninggal dunia akibat hipothermia," UNRWA memaparkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com