Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Deklarasikan Darurat Salju

Kompas.com - 27/01/2015, 13:17 WIB
KOMPAS.com — Keadaan darurat telah dinyatakan di sejumlah negara bagian di AS dengan adanya badai serta angin topan, diiringi salju yang menumpuk setinggi 90 cm, khususnya di kawasan pantai timur.

Boston, New York, dan Philadelphia mulai lumpuh sejak turunnya hujan salju pada Senin (26/1/2015) petang.

Kendaraan pribadi non-darurat telah dilarang di jalanan kota New York di atas pukul 23.00 waktu setempat.

"Sadarlah bahwa ini adalah keadaan darurat. Keadaan ini bukan hal yang biasa,” kata Wali Kota Bill de Blasio.

New York, New Jersey, Connecticut, Rhode Island, dan Massachusetts telah mengumumkan situasi darurat dan 50 juta orang diprediksi akan dihadang badai salju pada hari Selasa (27/1/2015).

Perkembangan lainnya termasuk sebanyak 6.500 penerbangan keluar dan masuk bandara daerah East Coast dibatalkan, sekolah-sekolah dan toko-toko sudah tutup sejak Senin, subway dan bus di New York berhenti pada pukul 23.00 waktu setempat, dan daerah Massachussets diprediksi akan mengalami angin topan dengan kecepatan 75 mph. Pihak Bandara Logan di Boston menyatakan tidak akan ada pesawat yang terbang di atas pukul 19.00 waktu setempat.

Glenn Field dari Badan Cuaca Nasional di Taunton, Massachusetts, mengatakan pada BBC pada Senin siang bahwa badai yang terjadi akan lebih buruk dari yang diprediksi. Menurut dia, angin topan dengan kecepatan hingga 129 km per jam akan menghantam Cape Cod, Nantucket, dan Martha’s Vineyard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com