Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Internet di China Dekati 650 Juta Orang

Kompas.com - 26/01/2015, 10:39 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Jumlah pengguna internet di China terus meningkat dengan mendekati angka 650 juta orang, kata pihak berwenang negara itu akhir pekan lalu.

Menurut Pusat Informasi Jaringan Internet China (China Internet Network Information Center/CNNIC), sebagaimana dilaporkan kantor berita resmi Xinhua, ada 648 juta pengguna internet di China pada akhir tahun 2014. Jumlah itu menunjukkan peningkatan lebih dari 30 juta sejak akhir tahun 2013.

China mendefinisikan populasi online-nya sebagai orang-orang yang telah menggunakan internet setidaknya sekali dalam enam bulan terakhir. China telah memiliki pengguna web lebih banyak dari negara-negara lain di dunia.

Negara itu merupakan lokasi pasar e-commerce yang besar dan web telah digunakan warga untuk menyoroti pelanggaran pemerintah, menciptakan kepedulian terhadap Partai Komunis yang berkuasa.

Beijing mempertahankan kontrol yang ketat lewat internet, memblokir situs-situs yang dianggap sensitif secara politis dalam sistem yang dijuluki "Great Firewall of China" dan mendorong perusahaan media sosial untuk menyensor konten yang dibuat para pengguna.

Pada pertengahan 2013 pengguna internet di China masih tercatat sebanyak 591 juta orang, dan 464 juta orang di antaranya mengakses internet melalui telepon pintar atau perangkat nirkabel lainnya. Angka pertengahan tahun 2013 itu meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Negeri Tirai Bambu ini sekaligus menunjukkan kekuatan keuangan perusahaan teknologi lokal China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com