Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Iran Hadiri Pemakaman Jenderal yang Tewas Diserang Israel

Kompas.com - 22/01/2015, 19:50 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com - Ribuan warga Iran, Rabu (21/1/2015), berkumpul di Teheran untuk menghadiri pemakaman seorang jenderal pasukan elite Garda Revolusi yang tewas dalam serangan udara Israel di Suriah.

Jenderal Mohammad Ali Allahdadi tewas bersama enam pejuang kelompok Hezbollah Lebanon setelah helikopter tempur Israel menyerang sebuah wilayah di Quneitra, dataran tinggi Golan yang dikuasai Suriah pada Minggu (18/1/2015).

Dalam prosesi pemakaman itu, peti jenazah Jenderal Allahdadi diselimuti bendera nasional Iran dan dibawa ke basis utama Garda Revolusi di sebelah tenggara Teheran. Sang Jenderal dimakamkan pada Kamis (22/1/2015) di Pariz, sebuah kota di provinsi Kerman, wilayah selatan Iran.

"Jalan syuhada Allahdadi tak bisa dihentikan dan akan dilanjutkan hingga pembebasan Al-Quds (Jerusalem) dan hancurnya rezim Zionis," ujar komandan Garda Revolusi, Mayor Jenderal Ali Jafari, seperti dikutip kantor berita IRNA.

Para anggota Garda Revolusi yang hadir dalam prosesi pemakaman itu meneriakkan slogan-slogan anti-Israel dan membakar dua bendera negeri Yahudi tersebut.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan menegaskan aksi serangan udara Israel yang menewaskan Allahdadi tak bisa dibiarkan begitu saja.

"Aksi Zionis ini tak bisa dibiarkan tanpa balasan. Hal terpenting adalah kapan dan di mana pembalasan ini akan terjadi," ujar Dehqan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com