Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Polisi AS Tembak Pria Kulit Hitam Muncul di Dunia Maya

Kompas.com - 22/01/2015, 14:02 WIB
KOMPAS.com - Sebuah rekaman video, yang menunjukkan seorang pria kulit hitam ditembak oleh polisi Amerika Serikat saat dia keluar dari mobil dan mengangkat tangan, menyebar di dunia maya.

Pria kulit hitam itu bernama Jerame Reid. Ketika dia tengah mengemudikan mobilnya di Bridgeton, Negara Bagian New Jersey, polisi meminta dia menepi karena pelanggaran lalu lintas. Reid dituduh menerobos tanda stop.

Seorang polisi lalu mendekati sisi kanan mobil Reid. Polisi lain kemudian menghampiri sisi kiri mobil sambil mengarahkan pistol ke bagian depan dan meminta Reid menunjukkan tangannya.

Reid kemudian diberikan peringatan, “Jika kamu mencoba meraih sesuatu, kamu akan…mati.”

Selanjutnya, Reid disuruh ke luar mobil dan mengangkat tangan. Begitu Reid membuka pintu dan mengangkat tangan, kedua polisi melepaskan sejumlah tembakan ke arahnya dan Reid langsung tersungkur. Dia dinyatakan tewas.

Kejadian pada 30 Desember 2014 itu terekam jelas oleh kamera mobil polisi yang berada persis di belakang mobil Reid. Namun, rekamannya baru beredar di dunia maya sejak Rabu (21/1/2015).

Kedua polisi itu kini dibebastugaskan sambil menunggu penyelidikan kantor kejaksaan setempat. Sejumlah aktivis menuntut kejaksaan untuk memindahkan kasus itu ke kantor Kejaksaan Agung.

Wartawan BBC di New York, Nick Bryant, mengatakan video tersebut amat mungkin memicu ketegangan lanjutan.

Sebelumnya, rangkaian bentrokan dan protes melanda sejumlah kota di Amerika Serikat setelah beberapa orang kulit hitam tewas akibat aksi polisi berkulit putih, seperti Michael Brown yang ditembak di Koat Ferguson dan Eric Garner yang tewas dicekik di New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com