Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Pantau 3.000 Orang yang Terkait Jaringan Teroris

Kompas.com - 21/01/2015, 18:58 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Perdana Menteri Perancis Manuel Valls, Rabu (21/1/2015), mengatakan bahwa pemerintah negara itu harus memantau hampir 3.000 orang yang terlibat "jaringan teroris". Dia mengemukakan hal itu saat meluncurkan sejumlah langkah untuk memerangi kaum militan Islam menyusul serangan di Paris pada awal bulan ini.

Valls mengatakan, jumlah orang yang terkait dengan jaringan militan di Irak dan Suriah telah melonjak 130 persen dalam satu tahun terakhir.

Valls juga mengumumkan 2.680 pos pekerjaan baru dan anggaran 425 juta euro untuk meningkatkan perang melawan ekstremisme.

Serangan dua minggu lalu, yang tercatat sebagai yang terburuk di Perancis dalam beberapa dekade, telah menyebabkan 17 orang tewas dan menempatkan Eropa dalam siaga tinggi. Setelah serangan itu, terjadi gelombang penggerebekan polisi, penyelidikan, dan ekstradisi di seluruh benua yang "gelisah" itu.

"Prioritas nomor satu, syarat nomor satu, adalah lebih memperkuat sumber daya manusia dan teknis badan-badan intelijen," kata Valls.

"Dari sejumlah pekerjaan baru diumumkan itu, 1.400 di kepolisian, terutama di intelijen," tambahnya.

Valls juga mengatakan bahwa 60 ulama tambahan akan direkrut untuk memperkuat 182 orang yang sudah bekerja di penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com