Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Nigeria Culik 80 Warga Kamerun

Kompas.com - 19/01/2015, 08:25 WIB
YAOUNDE, KOMPAs.com - Kaum militan Boko Haram dari Nigeria diduga telah menculik sekitar 80 orang, kebanyakan anak-anak, dan menewaskan tiga orang lainnya pada hari Minggu (18/1/2015) dalam sebuah serangan lintas-perbatasan terhadap desa-desa di Kamerun utara. Sejumlah pejabat militer dan pemerintah mengemukakan hal itu.

Penculikan tersebut, yang termasuk penculikan terbesar di wilayah Kamerun sejak kaum militan mulai memperluas zona operasi mereka di seberang perbatasan tahun lalu, terjadi saat negara tetangga Chad mengerahkan pasukan untuk mendukung pasukan Kamerun di daerah tersebut.

"Menurut informasi awal kami, sekitar 30 orang dewasa, sebagian besar penggembala, dan 50 gadis muda dan anak laki-laki berusia antara 10 dan 15 tahun telah diculik," kata seorang perwira senior militer yang ditempatkan ke Kamerun utara kepada kantor berita Reuters.

Dia mengatakan, serangan pada pagi hari itu telah menyasar desa Mabass dan beberapa desa lainnya di sepanjang perbatasan yang rapuh dengan Nigeria. Tentara kemudian turun tangan dan terlibat baku tembak dengan para penyerbu selama sekitar dua jam.

Juru bicara pemerintah Issa Tchiroma membenarkan serangan itu. Dia mengatakan tiga orang tewas. Dia juga mengonfirmasi penculikan. Namun dia tidak bisa mengatakan dengan pasti berapa banyak orang telah diculik dalam serangan tersebut. Dia mengatakan,sekitar 80 rumah rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com