Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belgia Berusaha Mengekstradisi Tahanan Yunani

Kompas.com - 19/01/2015, 08:05 WIB
KOMPAS.com - Belgia meminta Yunani untuk mengekstradisi salah seorang tahanan yang diduga terkait rencana penyerangan militan Islam terhadap polisi Belgia, kata jaksa.

Pernyataan tersebut dikeluarkan beberapa jam setelah Belgia menyangkal terdapat kaitan antara sejumlah penahanan di Yunani pada Sabtu (17/1/2015) dengan sel jihadis yang dibongkar di kota Verviers, Belgia, pada Kamis (15/1/2015).

Meskipun demikian kantor jaksa federal sekarang mengatakan 'pemeriksaan lanjutan' telah memicu permintaan terbaru kepada Athena.

Eropa dalam keadaan waspada tinggi setelah beberapa militan Islam membunuh 17 orang di Paris minggu lalu.

"Analisa lanjutan dari sejumlah hal terkait penyelidikan membuat kami memiliki alasan yang kuat bagi permintaan ekstradisi salah satu orang yang kemarin ditangkap pejabat Yunani," demikian isi pernyataan kantor jaksa federal Belgia.

Belum jelas apakah tahanan yang dimaksud mengacu kepada Abdelhamid Abaaoud, yang diduga memimpin sel yang berencana membunuh perwira polisi.

Lebih 20 orang ditangkap di Belgia, Perancis dan Jerman.

Akhir pekan lalu operasi antiteror di Belgia menewaskan dua tersangka militan di kota Verviers, Belgia timur, setelah mereka menembaki aparat polisi dengan senjata otomatis.

Untuk pertamakalinya dalam 35 tahun, pasukan Belgia ditempatkan di jalan-jalan negara itu untuk menjaga sasaran peka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com