Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fox Minta Maaf karena Komentar "Birmingham Kota Islam"

Kompas.com - 19/01/2015, 04:30 WIB
KOMPAS.com — Stasiun TV Amerika Serikat, Fox News, menyampaikan permintaan maaf saat siarannya karena menayangkan pernyataan bahwa Birmingham adalah "kota hanya untuk umat Islam".

Tayangan itu menghadirkan Steven Emerson, seorang pengamat terorisme di AS, yang juga menyebutkan "warga non-Islam sebaiknya tidak pergi ke sana".

Emerson tampil di Fox News terkait serangan teror di Perancis pekan lalu, tetapi dia kemudian menarik pernyataannya itu setelah dihubungi berbagai media.

Dalam siaran pernyataan minta maafnya, Fox mengatakan amat menyesali kesalahan tersebut dan meminta maaf kepada warga Birmingham, Inggris tengah.

Pembawa acara Jeanine Pirro—yang mewawancarai Emerson saat mengeluarkan komentar kontroversial itu—mengatakan bahwa para pembicara tamu membuat "serangkaian kesalahan faktual dan dia melakukan kesalahan dengan membiarkannya tidak ditantang maupun dikoreksi".

"Pembicara tamu menyatakan bahwa Birmingham, Inggris, adalah Islam total dan merupakan tempat yang tidak dikunjungi non-Islam."

"Keduanya tidak benar," tegas Pirro.

Dia menambahkan bahwa data berdasarkan sensus 2011 memperlihatkan 22 persen warga Birmingham yang mengidentifikasi dirinya sebagai Islam.

"Kami menyesalkan secara mendalam atas kesalahan-kesalahan itu dan meminta maaf kepada warga Birmingham, penonton kami, dan semua pihak yang tersinggung," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com