Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Penyerang "Charlie Hebdo" Dimakamkan Diam-diam

Kompas.com - 18/01/2015, 11:11 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Dua pelaku penyerangan kantor majalah satire Charlie Hebdo, Cherif dan Said Kouachi, secara diam-diam telah dikebumikan tanpa nisan.

Said Kouachi ternyata telah dimakamkan di kota Reims, tempat dia tinggal selama ini, Jumat (16/1/2015). Pada awalnya, rencana pemakaman Said Kouachi ini sempat ditolak oleh Wali Kota Reims.

Wali Kota Reims Arnaud Robinet sebelumnya mengatakan, dia pada dasarnya "menolak" untuk menerima jasad Said untuk dimakamkan di kota itu setelah keluarga pria itu mengajukan permohonan.

Arnaud khawatir, makam Said Kouachi akan menjadi tempat pemujaan bagi kelompok-kelompok militan yang memiliki cara pandang yang sama dengan pria tersebut.

Namun, pada Sabtu (17/1/2015), Arnaud mengatakan, dia dipaksa Pemerintah Perancis untuk menerima permohonan pemakaman Said Kouachi di Reims.

"Akibat kemungkinan adanya risiko gangguan keamanan dan dalam upaya untuk menutup lembaran episode tragis itu, kami memutuskan untuk melakukan pemakaman dengan cepat," ujar Arnaud.

Kuasa hukum Said Kouachi mengatakan, istri Said tidak menghadiri pemakaman karena khawatir para wartawan akan mengetahui lokasi makam suaminya dengan membuntutinya.

Sementara itu, Cherif Kouachi akan dimakamkan di kota kelahirannya Gennevilliers, tak jauh dari Paris. Sementara itu, sejauh ini belum ada kabar mengenai pemakaman Amedy Coulibaly, penyandera toko serba ada Yahudi, pekan lalu.

Dalam drama penyanderaan itu, Coulibaly menewaskan empat sanderanya dan juga diduga menembak mati seorang wanita polisi di Paris, sehari sebelumnya. Coulibaly sendiri akhirnya tewas di tangan pasukan khusus kepolisian Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com