Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Inggris Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Satgas Anti-teror

Kompas.com - 17/01/2015, 02:35 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Perdana Menteri Inggris David Cameron melakukan konferensi pers bersama seusai melakukan pertemuan di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Jumat (16/1/2015) waktu setempat. Kedua pemimpin itu mengungkap kesepakatan dua negara dalam kerja sama melawan terorisme serta mencegah penyebaran radikalisme dan "ekstremisme yang disertai kekerasan".

Dilansir dari laman BBC, Sabtu (17/1/2015), kedua negara juga sepakat membentuk satuan tugas anti-teror yang akan memberikan laporan kepada kedua pemimpin negara itu dalam waktu enam bulan ke depan.

Pertemuan juga membahas sejumlah aksi teror yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir, di antaranya termasuk aksi teror di Perancis yang menewaskan 17 orang dan upaya memberantas Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), serta Al Qaeda.

Dalam kesempatan ini, Cameron mengungkap ada sejumlah potensi ancaman yang dihadapi Inggris. "Ancaman itu cukup besar, yang berarti serangan itu kemungkinannya tinggi untuk terjadi," ucap Cameron.

Sedangkan mengutip Reuters, Presiden AS Barack Obama mengatakan, AS akan terus bekerja sama dengan Inggris yang selama ini dianggap sebagai "sahabat". Menurut Obama, baik AS maupun Inggris akan terus meningkatkan kewaspadaan agar teror tidak terjadi di kedua negara itu.

"Kami masih mencari cara untuk memastikan jika ada afiliasi Al Qaeda yang beroperasi di Inggris Raya dan AS, maka kami bisa mencegahnya menjadi tragedi," kata Obama.

"Ketika AS dan Inggris berdampingan, negara kita akan lebih aman dan rakyatnya akan lebih sejahtera," ucap Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com