Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Minta Pemimpin Filipina Berantas Korupsi

Kompas.com - 16/01/2015, 22:10 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, Jumat (16/1/2015), menyerukan kepada para pemimpin Filipina untuk memberantas korupsi dan mengakhiri ketidaksetaraan sosial, dalam hari kedua kunjungannya ke Filipina.

Dalam upacara penyambutan yang diselenggarakan di istana kepresidenan oleh Presiden Benigno Aquino, Paus meminta para pemimpin negeri itu "untuk menolak semua bentuk korupsi yang mengalihkan dana yang seharusnya diberikan kepada kaum miskin" dan untuk berusaha bersama-sama guna memastikan tidak adanya kaum yang tersisihkan.

"Sekarang saatnya bagi para pemimpin politik untuk menjunjung tinggi kejujuran, integritas dan komitmen untuk kebaikan bersama," kata Paus pada hari kedua kunjungannya di negara yang penduduknya mayoritas beragama Katolik itu.

Paus Fransiskus menambahkan bahwa umat Kristen memiliki kewajiban untuk "memutuskan ikatan ketidakadilan dan penindasan yang menyebabkan meningkatnya ketidaksetaraan sosial".

Namun, Presiden Aquino yang duduk di samping Paus mengatakan bahwa gereja Katolik sendiri dahulu bungkam ketika penyelewengan dilakukan salah satu presiden pendahulunya.

Acara besar yang menandai kunjungan Paus ini akan diadakan pada Minggu (18/1/2016) saat diselenggarakannya misa di ruang terbuka yang diperkirakan akan mengundang jutaan orang.

Paus juga akan mengunjungi kota Tacloban yang baru-baru ini menjadi korban serangan badai pada Sabtu (17/1/2015). Paus Fransiskus saat ini tengah melakukan kunjungan enam hari ke Asia. Sebelumnya ia mengunjungi Sri Lanka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com