Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Perancis Tahan 7 Orang Terkait Penyerangan "Charlie Hebdo"

Kompas.com - 08/01/2015, 15:50 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Aparat keamanan Perancis, Kamis (8/1/2015), menahan tujuh orang tersangka dalam proses perburuan para pelaku penyerangan kantor majalah satir Charlie Hebdo yang menewaskan 12 orang itu.

Sumber kehakiman Perancis membenarkan pernyataan PM Manuel Valls sebelumnya terkait penangkapan ketujuh tersangka itu.

Sumber itu tidak mau menyebut nama ketujuh orang yang kini ditahan. Namun, dia mengatakan, para pria dan wanita yang memiliki kedekatan dengan dua tersangka utama kini tengah diperiksa kepolisian.

Sementara itu, PM Valls kepada radio RTL mengatakan, kedua tersangka utama, yang masih buron, sebenarnya sudah berada di dalam pengawasan intelijen dan gerak-geriknya selalu diikuti sebelum serangan hari Rabu itu.

Para pria bertopeng menyerbu kantor majalah Charlie Hebdo dan membunuh sejumlah jurnalis paling vokal di Perancis dan dua orang polisi sebelum melarikan diri.

Polisi kemudian menerbitkan perintah penangkapan terhadap Cherif Kouachi (32), seorang anggota kelompok militan yang pada 2008 dijatuhi hukuman penjara karena terlibat dalam jejaring yang mengirimkan para pejuang ke Irak.

Tersangka kedua adalah saudara laki-laki Cherif, Said Kouachi (34). Kedua orang itu adalah warga negara Perancis dan lahir di negeri tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com