Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Gambar Mahatma Gandhi di Botol Bir, Perusahaan AS Minta Maaf

Kompas.com - 06/01/2015, 15:50 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Sebuah perusahaan pembuat bir asal Amerika Serikat meminta maaf karena menaruh gambar pahlawan kemerdekaan India, Mahatma Gandhi, pada kaleng dan botol bir produksinya.

Sejumlah laporan menyebutkan, New England Brewing Company meminta maaf setelah sebuah petisi diajukan ke pengadilan India yang menyatakan tindakan tersebut "menghina" pemimpin negara itu.

Mahatma Gandhi memimpin perlawanan tanpa kekerasan terhadap kekuasaan Inggris di India. Dia dibunuh pada bulan Januari 1948, beberapa bulan setelah India merdeka.

Merek bir yang menggunakan gambar pemimpin India tersebut bernama Gandhi-Bot. Perusahaan tersebut menyatakan lewat situs resminya bahwa bir tersebut merupakan "barang yang tepat untuk mensucikan diri, mencari kebenaran dan cinta".

Seorang pengacara mengajukan petisi di sebuah pengadilan di kota Hyderabad, India selatan, menuduh penggunaan gambar Gandhi pada kaleng minuman yang mengandung alkohol "patut dicela" dan dapat dihukum sesuai undang-undang India.

Alhasil, perusahaan pembuat bir tersebut meminta maaf jika ada pihak yang tersinggung dengan produksinya. Namun, tidak terlihat tanda-tanda perusahaan tersebut akan menarik bir bergambar Gandhi itu dari peredaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com